Kelas : IV
Tema : 8. Daerah Tempat Tinggalku
Subtema : 1. Lingkungan Tempat Tinggalku
Pembelajaran : 3 dan 4
Semester : II (Genap)
Assalamualaikum ....
Selamat pagi, apa kabar Ayah/Bunda? Semoga Ayah/Bunda senantiasa dalam keadaan sehat. Pada hari
ini kita masih melakukan kegiatan pembelajaran dari rumah. Mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk
mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah.
Ayah/Bunda jangan lupa untuk mengingatkan ananda untuk mematuhi protokol kesehatan dalam
melakukan setiap aktivitas dan selalu menjaga kebersihan di lingkungan rumah agar terhindar dari
penyebaran virus COVID-19 dan wabah demam berdarah. Terima kasih.
Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air
mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai
pembelajaran hari ini. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan
kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini! Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk
mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan,
ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan!
Kegiatan 1
Tentu kamu masih ingat bukan bahwa lingkungan
memengaruhi mata pencaharian penduduk di suatu
daerah?
Mata pencaharian penduduk di suatu daerah
berbeda dengan daerah lain. Mata pencaharian
penduduk di daerah pesisir pantai berbeda dengan
penduduk di daerah dataran rendah maupun di
dataran tinggi.
Selain itu, penduduk yang tinggal di desa juga
memiliki mata pencaharian yang berbeda dengan
penduduk di kota. Penduduk di desa lebih banyak
bermata pencaharian sebagai petani, peternak,
perajin, pedagang, buruh tani dan perkebunan.
Sedangkan penduduk di kota bermata pencaharian
sebagai pekerja jasa (pegawai bank, konsultan,
pengacara, sopir), karyawan, pedagang, dan buruh
pabrik
Amatilah keadaan lingkungan tempat tinggalmu.
Apakah termasuk lingkungan kota, perdesaan,
pesisir, atau pegunungan? Amatilah pula penduduk
di lingkungan sekitar tempat tinggalmu. Kemudian,
catatlah mata pencaharian penduduk di lingkungan
sekitarmu. Buatlah laporan sederhana berdasarkan
hasil pengamatanmu seperti berikut!
Kerjakanlah pada buku tulismu kemudian fotokan
dan kirimkan hasilnya kepada bapak/ibu guru! Kegiatan 2
Ananda, sebelumnya kita sudah mempelajari tentang
hubungan antargaris. Bila kita cermati hubungan
antargaris yang saling berpotongan akan membenuk
suatu sudut. Apa yang dimaksud dengan sudut dan
bagaiamana cara mengukurnya? Ayo kita cari tahu lebih
lanjut!
https://youtu.be/DXPEPC18VqI
Selanjutnya, kerjakanlah soal-soal berikut ini!
1. Ukurlah sudut berikut ini!
2. Buatlah gambar sudut lancip, sudut tumpul, dan sudut
siku-siku! 3. Tuliskanlah nama benda-benda yang ada di rumahmu
yang memiliki sudut lancip, sidut tumpul, dan sudut
siku-siku!
Kerjakanlah pada buku tulismu kemudian fotokan dan
kirimkan hasilnya kepada bapak/ibu guru!
Sampai di sini pembelajaran hari ini! Ucapkanlah terima
kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi
Ananda belajar di rumah! Mari kita akhiri dengan
membaca doa! Sampai jumpa besok!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar