Selasa, 09 Maret 2021

Tema : 8. Daerah Tempat Tinggalku

Kelas             : IV 
Tema             : 8. Daerah Tempat Tinggalku 
Subtema        : 1. Lingkungan Tempat Tinggalku 
Pembelajaran : 3 dan 4 
Semester        : II (Genap)

Assalamualaikum ....
Selamat pagi, apa kabar Ayah/Bunda? Semoga Ayah/Bunda senantiasa dalam keadaan sehat. Pada hari ini kita masih melakukan kegiatan pembelajaran dari rumah. Mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah. Ayah/Bunda jangan lupa untuk mengingatkan ananda untuk mematuhi protokol kesehatan dalam melakukan setiap aktivitas dan selalu menjaga kebersihan di lingkungan rumah agar terhindar dari penyebaran virus COVID-19 dan wabah demam berdarah. Terima kasih.
Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran hari ini. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini! Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan!

Kegiatan 1 
Tentu kamu masih ingat bukan bahwa lingkungan memengaruhi mata pencaharian penduduk di suatu daerah? Mata pencaharian penduduk di suatu daerah berbeda dengan daerah lain. Mata pencaharian penduduk di daerah pesisir pantai berbeda dengan penduduk di daerah dataran rendah maupun di dataran tinggi. Selain itu, penduduk yang tinggal di desa juga memiliki mata pencaharian yang berbeda dengan penduduk di kota. Penduduk di desa lebih banyak bermata pencaharian sebagai petani, peternak, perajin, pedagang, buruh tani dan perkebunan. Sedangkan penduduk di kota bermata pencaharian sebagai pekerja jasa (pegawai bank, konsultan, pengacara, sopir), karyawan, pedagang, dan buruh pabrik Amatilah keadaan lingkungan tempat tinggalmu. Apakah termasuk lingkungan kota, perdesaan, pesisir, atau pegunungan? Amatilah pula penduduk di lingkungan sekitar tempat tinggalmu. Kemudian, catatlah mata pencaharian penduduk di lingkungan sekitarmu. Buatlah laporan sederhana berdasarkan hasil pengamatanmu seperti berikut! 
Kerjakanlah pada buku tulismu kemudian fotokan dan kirimkan hasilnya kepada bapak/ibu guru! 

Kegiatan 2 
Ananda, sebelumnya kita sudah mempelajari tentang hubungan antargaris. Bila kita cermati hubungan antargaris yang saling berpotongan akan membenuk suatu sudut. Apa yang dimaksud dengan sudut dan bagaiamana cara mengukurnya? Ayo kita cari tahu lebih lanjut! https://youtu.be/DXPEPC18VqI Selanjutnya, kerjakanlah soal-soal berikut ini! 

1. Ukurlah sudut berikut ini!
2. Buatlah gambar sudut lancip, sudut tumpul, dan sudut siku-siku! 
3. Tuliskanlah nama benda-benda yang ada di rumahmu yang memiliki sudut lancip, sidut tumpul, dan sudut 
    siku-siku!

 Kerjakanlah pada buku tulismu kemudian fotokan dan kirimkan hasilnya kepada bapak/ibu guru! Sampai di sini pembelajaran hari ini! Ucapkanlah terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah! Mari kita akhiri dengan membaca doa! Sampai jumpa besok!
















Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tema : 9. Kayanya Negeriku

Kelas                  : IV  Tema                  : 9. Kayanya Negeriku  Subtema            : 3. Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di I...