Kelas : IV
Tema : 8. Daerah Tempat Tinggalku
Subtema : 1. Lingkungan Tempat Tinggalku
Pembelajaran : 2
Semester : II (Genap)
Assalamualaikum ....
Selamat pagi, apa kabar Ayah/Bunda? Semoga Ayah/Bunda senantiasa dalam keadaan sehat. Pada hari
ini kita masih melakukan kegiatan pembelajaran dari rumah. Mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk
mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah.
Ayah/Bunda jangan lupa untuk mengingatkan ananda untuk mematuhi protokol kesehatan dalam
melakukan setiap aktivitas dan selalu menjaga kebersihan di lingkungan rumah agar terhindar dari
penyebaran virus COVID-19 dan wabah demam berdarah. Terima kasih.
Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air
mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai
pembelajaran hari ini. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan
kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini! Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk
mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan,
ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan!
Kegiatan 1
Ananda, adakah dari kalian yang berasal dari daerah
Papua? Tahukah kamu apa lagu daerah yang
terkenal dari daerah Papua? Ya, papua memilki
banyak lagu daerah, salah satu yang populer adalah
lagu yang berjudul “Yamko Rambe Yamko”. Mari
kita simak lagunya pada tautan berikut ini!
https://youtu.be/aAMje0lMjxU
Ketika bernyanyi kita harus memperhatikan tempo
dan tinggi rendah nada. Mari mengingat kembali
tentang tempo dan tinggi rendah nada!
Tempo adalah cepat lambatnya lagu dinyanyikan.
Tempo dibedakan menjadi tiga macam, yaitu tempo
cepat, tempo sedang, dan tempo lambat. Pemilihan
tempo dalam suatu lagu harus disesuaikan dengan
isi lagu. Sebagai contoh, yang menggambarkan
keriangan biasanya menggunakan tempo cepat.
Lagu untuk menidurkan bayi biasanya
menggunakan tempo sedang ataupun tempo
lambat.
Sementara itu, tinggi rendah nada merupakan cara
menyanyikan lagu sehingga menghasilkan nada
tinggi ataupun nada rendah sesuai dengan notasi
lagu. Berikut urutan tinggi rendah nada yang disebut
tangga nada dengan notasi angka dan notasi balok.
Berlatihlah menyanyikan lagu tersebut! Apabila
Ananda sudah dapat menyanyikannya dengan baik,
rekam dalam bentuk video/voicenote dan kirimkan
hasilnya kepadada bapak ibu guru!
Kegiatan 2
Pada pembelajaran sebelumnya, Ananda telah mengenal
cerita fiksi dan ciri-cirinya. Tapi, tahukah kamu kalau ada
berbagai jenis cerita fiksi? Jenis cerita fiksi antara lain:
a. Cerita Rakyat (Cerita Jenaka, Mite, Fabel, Legenda, Saga)
b. Cerpen
c. Novel
Apa yang dimaksud dengan cerita rakyat, cerpen, dan
novel?
Mari kita simak penjelasan berikut!
https://youtu.be/fKk8Le0MRzw
Catatlah informasi pada tayangan tersebut agar kamu
dapat mempelajarinya kembali!
Salah satu hewan yang memiliki keunikan dan dapat
ditemui di daerah Papua adalah Kasuari. Nah, berikut ini
adalah teks cerita fiksi yang berjudul “Kasuari dan Dara
Mahkota”. Ayo kita baca!
https://tinyurl.com/377 jakes
Berdasarkan cerita tersebut, kerjakanlah soal berikut ini!
1. Termasuk jenis cerita fiksi apakah certa “Kasuari dan
Dara Mahkota?
Jenis cerita fiksi “Kasuari dan Dara
Mahkota adalah
………………….………………….………………….………………….……
Penjelasan ….………………….………………….…………………….
2. Siapa saja tokoh yang terdapat pada cerita tersebut?
3. Mengapa burung-burung lain tidak ada yang ingin
berteman dengan Kasuari?
4. Bagaimana sifat Kasuari pada cerita tersbut?
5. Apa yang membuat Kasuari sadar dan mengubah
prilakunya?
Sampai di sini pembelajaran hari ini! Ucapkanlah terima
kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi
Ananda belajar di rumah! Mari kita akhiri dengan
membaca doa! Sampai jumpa besok!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar