Senin, 08 Maret 2021

Tema : 8. Daerah Tempat Tinggalku

Kelas : IV 
Tema : 8. Daerah Tempat Tinggalku 
Subtema : 1. Lingkungan Tempat Tinggalku 
Pembelajaran : 2 
Semester : II (Genap) 

Assalamualaikum ....
Selamat pagi, apa kabar Ayah/Bunda? Semoga Ayah/Bunda senantiasa dalam keadaan sehat. Pada hari ini kita masih melakukan kegiatan pembelajaran dari rumah. Mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah. Ayah/Bunda jangan lupa untuk mengingatkan ananda untuk mematuhi protokol kesehatan dalam melakukan setiap aktivitas dan selalu menjaga kebersihan di lingkungan rumah agar terhindar dari penyebaran virus COVID-19 dan wabah demam berdarah. Terima kasih.
Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran hari ini. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini! Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan! 


Kegiatan 1 
Ananda, adakah dari kalian yang berasal dari daerah Papua? Tahukah kamu apa lagu daerah yang terkenal dari daerah Papua? Ya, papua memilki banyak lagu daerah, salah satu yang populer adalah lagu yang berjudul “Yamko Rambe Yamko”. Mari kita simak lagunya pada tautan berikut ini! https://youtu.be/aAMje0lMjxU Ketika bernyanyi kita harus memperhatikan tempo dan tinggi rendah nada. Mari mengingat kembali tentang tempo dan tinggi rendah nada! Tempo adalah cepat lambatnya lagu dinyanyikan. Tempo dibedakan menjadi tiga macam, yaitu tempo cepat, tempo sedang, dan tempo lambat. Pemilihan tempo dalam suatu lagu harus disesuaikan dengan isi lagu. Sebagai contoh, yang menggambarkan keriangan biasanya menggunakan tempo cepat. Lagu untuk menidurkan bayi biasanya menggunakan tempo sedang ataupun tempo lambat. Sementara itu, tinggi rendah nada merupakan cara menyanyikan lagu sehingga menghasilkan nada tinggi ataupun nada rendah sesuai dengan notasi lagu. Berikut urutan tinggi rendah nada yang disebut tangga nada dengan notasi angka dan notasi balok. Berlatihlah menyanyikan lagu tersebut! Apabila Ananda sudah dapat menyanyikannya dengan baik, rekam dalam bentuk video/voicenote dan kirimkan hasilnya kepadada bapak ibu guru!

Kegiatan 2 
Pada pembelajaran sebelumnya, Ananda telah mengenal cerita fiksi dan ciri-cirinya. Tapi, tahukah kamu kalau ada berbagai jenis cerita fiksi? Jenis cerita fiksi antara lain: 
a. Cerita Rakyat (Cerita Jenaka, Mite, Fabel, Legenda, Saga) 
b. Cerpen 
c. Novel Apa yang dimaksud dengan cerita rakyat, cerpen, dan novel? 
Mari kita simak penjelasan berikut! https://youtu.be/fKk8Le0MRzw Catatlah informasi pada tayangan tersebut agar kamu dapat mempelajarinya kembali! Salah satu hewan yang memiliki keunikan dan dapat ditemui di daerah Papua adalah Kasuari. Nah, berikut ini adalah teks cerita fiksi yang berjudul “Kasuari dan Dara Mahkota”. Ayo kita baca! https://tinyurl.com/377 jakes Berdasarkan cerita tersebut, kerjakanlah soal berikut ini! 
1. Termasuk jenis cerita fiksi apakah certa “Kasuari dan Dara Mahkota? Jenis cerita fiksi “Kasuari dan Dara 
    Mahkota adalah ………………….………………….………………….………………….…… 
    Penjelasan ….………………….………………….……………………. 
2. Siapa saja tokoh yang terdapat pada cerita tersebut? 
3. Mengapa burung-burung lain tidak ada yang ingin berteman dengan Kasuari? 
4. Bagaimana sifat Kasuari pada cerita tersbut? 
5. Apa yang membuat Kasuari sadar dan mengubah prilakunya? 

Sampai di sini pembelajaran hari ini! Ucapkanlah terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah! Mari kita akhiri dengan membaca doa! Sampai jumpa besok!



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tema : 9. Kayanya Negeriku

Kelas                  : IV  Tema                  : 9. Kayanya Negeriku  Subtema            : 3. Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di I...