Rabu, 10 Maret 2021

Tema : 8. Daerah Tempat Tinggalku

Kelas                 : IV 
Tema                 : 8. Daerah Tempat Tinggalku 
Subtema            : 1. Lingkungan Tempat Tinggalku 
Pembelajaran     : 5 Semester : II (Genap)

Assalamualaikum ....
Selamat pagi, apa kabar Ayah/Bunda? Semoga Ayah/Bunda senantiasa dalam keadaan sehat. Pada hari ini kita masih melakukan kegiatan pembelajaran dari rumah. Mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah. Ayah/Bunda jangan lupa untuk mengingatkan ananda untuk mematuhi protokol kesehatan dalam melakukan setiap aktivitas dan selalu menjaga kebersihan di lingkungan rumah agar terhindar dari penyebaran virus COVID-19 dan wabah demam berdarah. Terima kasih.
Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran hari ini. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini! Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan!

Kegiatan 1 
Ananda, pada bulan ini tepatnya pada tanggal 11 Maret 1966 pernah terjadi peristiwa sejarah yang dikenal dengan Supersemar. Apa sih Supersemar itu? Surat Perintah Sebelas Maret yang disingkat menjadi Supersemar adalah surat perintah yang ditandatangani oleh Presiden Republik Indonesia Soekarno pada tanggal 11 Maret 1966. Surat ini ditujukan kepada Mayjend Soeharto selaku panglima Angkatan Darat untuk mengambil tindakan yang perlu untuk memulihkan keamanan dan ketertiban. Sebagai anak bangsa kita perlu mengetahui peristiwa sejarah yang terjadi di masa lampau. Dengan mempelajari peristiwa di masa lampau, kita bisa mempersiapkan kehidupan yang lebih baik di masa sekarang. Anak-anak, pernahkah kalian memperhatikan keragaman sifat orang-orang yang ada di sekitar kalian? Ada orang yang memiliki sifat jujur, penyabar, rajin, pemalas, pemarah, dan sebagainya. Keragaman sifat tersebut termasuk dalam keragaman karakteristik individu. Amatilah gambar berikut. Identifikasilah keragaman sifat individu berdasarkan gambar berikut. Tuliskan jawabanmu di bawah gambar. 

Kerjakanlah pada buku tulismu, kemudian fotokan dan kirimkan hasilnya kepada bapak/ibu guru!


Kegiatan 2 
Tentu kamu masih ingat bahwa gaya yang dikerjakan pada suatu benda akan memengaruhi benda tersebut. Pengaruh apa yang ditimbulkan gaya terhadap gerakan benda? Lakukan percobaan berikut untuk mengetahui macam pengaruh gaya terhadap gerakan benda. 
Videokan kegiatan percobaanmu tersebut dan kirim kepada bapak/ibu guru ya! Selanjutnya jawablah pertanyaan berikut! 
1. Apa yang terjadi pada bola yang ditendang? Jelaskan! 
2. Apa yang terjadi pada bola yang dihentikan? Jelaskan! 
3. Kamu menggerakkan bola dengan gaya. Kakak/adik/ ayah/bunda juga menghentikan gerakan bola dengan 
    gaya. Kesimpulan apa yang kamu peroleh dari kegiatan ini? 

Kerjakanlah pada buku tulismu kemudian fotokan hasilnya kepada bapak/ibu guru! Sampai di sini pembelajaran hari ini! Ucapkanlah terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah! Mari kita akhiri dengan membaca doa! Sampai jumpa! 
















Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tema : 9. Kayanya Negeriku

Kelas                  : IV  Tema                  : 9. Kayanya Negeriku  Subtema            : 3. Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di I...