Jumat, 08 Januari 2021

Tema : 6. Cita-citaku

Kelas                 : IV 
Tema                 : 6. Cita-citaku 
Subtema            : 1. Aku dan Cita-citaku 
Pembelajaran     : 2 
Semester            : II (Genap)

Assalamualaikum ....
Selamat pagi, apa kabar Ayah/Bunda? Semoga Ayah/Bunda senantiasa dalam keadaan sehat. Pada hari ini kita masih melakukan kegiatan pembelajaran dari rumah. Mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah. Ayah/Bunda jangan lupa untuk mengingatkan ananda untuk mematuhi protokol kesehatan dalam melakukan setiap aktivitas dan selalu menjaga kebersihan di lingkungan rumah agar terhindar dari penyebaran virus COVID-19 dan wabah demam berdarah. Terima kasih.
Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini! Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan! Sebelum memulai kegiatan hari ini ayo kita lakukan PSN terlebih dahulu di rumah agar lingkungan kita menjadi sehat dan terhindar dari penyakit demam berdarah! Laporkan kegiatan PSN-mu kepada bapak/ibu guru ya!


KEGIATAN 1.
Setiap orang ingin memiliki pekerjaan ketika dewasa. Keinginan itulah yang disebut cita-cita. Kita harus rajin belajar agar dapat meraih cita-cita. Adakah dari kalian yang bercita-cita menjadi peneliti tumbuhan dan hewan? Kegiatan sehari hari seorang peneliti tumbuhan adalah mengamati, mempelajari, dan meneliti tumbuhan dan hewan! Apakah kamu juga suka mengamati tumbuhan dan hewan? Pernahkah kamu melihat kupu-kupu yang hinggap pada bunga yang sedang mekar? Kamu tentu ingat ada sebuah lagu tentang kupu-kupu. Ayo kita pelajari cara menyanyikannya dengan menyaksikan teyangan berikut ini! https://youtu.be/7H7s_aBpgVA Catatlah informasi penting yang kamu peroleh dari tayangan tersebut ya! Kamu telah mempelajari lagu Kupu-kupu yang Lucu dan Tik-tik Bunyi Hujan. Ayo kita nyanyikan! 
Jangan lupa direkam dalam bentuk video/voice note dan kirimkan kepada bapak/ibu guru! Selanjutnya, jawablah pertanyaann-pertanyaan berikut ini! 
1. Bagaimana perasaanmu setelah menyanyikan kedua lagu tersebut? 
2. Adakah perbedaan cara menyanyikan kedua lagu tersebut? 
3. Tanda tempo apakah yang terdapat pada notasi lagu "Kupu-Kupu yang Lucu" dan "Tik-Tik Bunyi Hujan"? 4. Tahukah kamu perbedaan tempo pada lagu "Kupu-Kupu yang Lucu" dan "Tik-Tik Bunyi Hujan" tersebut? 
5. Carilah notasi lagu-lagu lainnya! Tuliskan judul dan tempo yang digunakan pada lagu tersebut! 

Kerjakanlah pada buku tulismu, kemudian fotokan dan kirimkan hasilnya kepada bapak/ibu guru! 


KEGIATAN 2.

Ananda sudah mengetahui daur hidup hewan peliharaan, seperti ayam, kelinci, dan kucing pada pembelajaran sebelumnya. Kupu-kupu memiliki daur hidup yang berbeda dengan daur hidup hewan-hewan tersebut. Kupu-kupu mengalami proses perubahan bentuk selama daur hidupnya. Proses perubahan bentuk tersebut dinamakan metamorfosis. Ada hewan yang mengalami metamorfosis sempurna dan ada juga yang mengalami metamorfosis tidak sempurna. Untuk mengetahui lebih lanjut, kita simak tayangan berikut ini yuk! https://youtu.be/r8jhcQ2MYSI Catatlah informasi penting yang kamu peroleh dari tayang tersebut! Selanjutnya, kerjakanlah soal-soal berikut ini! 
1. Perhatikanlah daur hidup kupu-kupu dan belalang! Apa yang membedakan daur hidup kedua hewan 
    tersebut? 
2. Buatlah kesimpulanmu tentang perbedaan daur hidup kupu-kupu dan belalang! 
3.Dapatkah kamu menemukan contoh hewan lain yang mengalami metamorfosis sempurna dan tidak 
    sempurna? 
a. Contoh hewan yang mengalami metamorfosis sempurna: 
b. Contoh hewan yang mengalami metamorfosis tidak sempurna: 

Kerjakanlah pada buku tulismu, kemudian fotokan dan kirimkan hasilnya kepada bapak/ibu guru ya! Ucapkanlah terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar dari rumah. Mari kita akhiri kegiatan pembelajaran hari ini dengan membaca doa! Sampai jumpa pada pembelajaran berikutnya! 

















Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tema : 9. Kayanya Negeriku

Kelas                  : IV  Tema                  : 9. Kayanya Negeriku  Subtema            : 3. Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di I...