Kelas : IV
Tema : 6. Cita-citaku
Subtema : 1. Aku dan Cita-citaku
Pembelajaran : 1
Semester : II (Genap)
assalamualaikum .....
Selamat pagi, apa kabar Ayah/Bunda? Semoga Ayah/Bunda senantiasa dalam keadaan sehat. Pada hari
ini kita masih melakukan kegiatan pembelajaran dari rumah. Mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk
mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah.
Ayah/Bunda jangan lupa untuk mengingatkan ananda untuk mematuhi protokol kesehatan dalam
melakukan setiap aktivitas dan selalu menjaga kebersihan di lingkungan rumah agar terhindar dari
penyebaran virus COVID-19 dan wabah demam berdarah. Terima kasih.
Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air
mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai
pembelajaran hari ini. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan
kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini! Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk
mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan,
ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan!
KEGIATAN 1.
Ananda, Kamu pasti mempunyai mimpi dan harapan
tentang kegiatan atau pekerjaanmu kelak bukan?
Itulah yang biasa kita kenal dengan cita-cita.
Ayo kita cari tahu lebih lanjut tentang cita-cita
melalui tayangan berikut in!
https://youtu.be/RtQGiwEHf9g
Nah, bagaimana denganmu? Apa cita-citamu kelak?
Apa alasannya? Ceritakan kepada bapak/Ibu guru
melalui voice note ya!
Selanjutnya, perhatikanlah kembali puisi ‘Citacitaku’ pada tayangan yang tadi kalian saksikan!
Lalu, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini!
1. Apakah kamu menemukan bahwa puisi tersebut
terdiri atas kumpulan kata-kata yang tersusun
menjadi
baris-baris?
2. Apakah kamu menemukan baris-baris tersebut
terkumpul menjadi beberapa bagian?
3. Tuliskan bunyi vokal dari kata terakhir setiap
baris!
4. Apakah kamu menemukan keteraturan bunyi
vokal kata terakhir dalam setiap baris?
5. Tunjukkan keteraturan itu!
Berdasarkan jawaban-jawabanmu tersebut
tuliskanlah kesimpulanmu tentang ciri-
ciri puisi!
Kerjakanlah pada buku tulismu, kemudian fotokan
dan kirimkan hasilnya kepada bapak/ibu guru!
KEGIATAN 2.
Adakah dari kalian yang bercita-cita sebagai dokter
hewan? Kegiatan utama sehari-hari seorang dokter
hewan adalah membantu mengobati dan memberikan
perawatan terhadap hewan yang sakit.
Apakah kamu memiliki hewan peliharaan di rumah?
Amatilah hewan peliharaan di sekitarmu. Apakah hewanhewan peliharaan itu mempunyai anak?
Hewan mengalami pertumbuhan. Ada tahapan-tahapan
yang dilalui oleh hewan itu, dari anak-anak hewan
menjadi hewan dewasa. Ayo, mencari tahu tahapantahapan pertumbuhan hewan dengan membacanya
melalui tautan berikut!
https://tinyurl.com/y5cf8gwc
Amatilah gambar hewan-hewan peliharaan berikut!
Susunlah tahapan pertumbuhan dan perkembangan hewan pada gambar di atas menjadi tahapan pertumbuhan yang benar. Berilah nomor urut di bawah gambar sehingga menunjukkan urutan yang benar. Buatlah kesimpulan tentang tahapan siklus hidup hewan! Kerjakanlah pada buku tulismu, kemudian fotokan dan kirimkan hasilnya kepada bapak/ibu guru! Ucapkanlah terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar dari rumah. Mari kita akhiri kegiatan pembelajaran hari ini dengan membaca doa! Sampai jumpa besok!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar