Kelas : IV
Tema : 6. Cita-citaku
Subtema : 1. Aku dan Cita-citaku
Pembelajaran : 2
Semester : II (Genap)
Assalamualaikum ....
Selamat pagi, apa kabar Ayah/Bunda? Semoga Ayah/Bunda senantiasa dalam keadaan sehat. Pada hari
ini kita masih melakukan kegiatan pembelajaran dari rumah. Mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk
mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah.
Ayah/Bunda jangan lupa untuk mengingatkan ananda untuk mematuhi protokol kesehatan dalam
melakukan setiap aktivitas dan selalu menjaga kebersihan di lingkungan rumah agar terhindar dari
penyebaran virus COVID-19 dan wabah demam berdarah. Terima kasih.
Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat
dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini! Mintalah bantuan kepada ayah/bunda
untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta
bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan!
Sebelum memulai kegiatan hari ini ayo kita lakukan PSN terlebih dahulu di rumah agar lingkungan kita menjadi sehat
dan terhindar dari penyakit demam berdarah! Laporkan kegiatan PSN-mu kepada bapak/ibu guru ya!
Kegiatan 1
Setiap orang ingin memiliki pekerjaan ketika
dewasa. Keinginan itulah yang disebut cita-cita. Kita
harus rajin belajar agar dapat meraih cita-cita.
Adakah dari kalian yang bercita-cita menjadi peneliti
tumbuhan dan hewan? Kegiatan sehari hari seorang
peneliti tumbuhan adalah mengamati, mempelajari,
dan meneliti tumbuhan dan hewan!
Apakah kamu juga suka mengamati tumbuhan dan
hewan? Pernahkah kamu melihat kupu-kupu yang
hinggap pada bunga yang sedang mekar? Kamu
tentu ingat ada sebuah lagu tentang kupu-kupu.
Ayo kita pelajari cara menyanyikannya dengan
menyaksikan teyangan berikut ini!
https://youtu.be/7H7s_aBpgVA
Catatlah informasi penting yang kamu peroleh dari
tayangan tersebut ya!
Kamu telah mempelajari lagu Kupu-kupu yang Lucu
dan Tik-tik Bunyi Hujan. Ayo kita nyanyikan! Jangan
lupa direkam dalam bentuk video/voice note dan
kirimkan kepada bapak/ibu guru!
Selanjutnya, jawablah pertanyaann-pertanyaan
berikut ini!
1. Bagaimana perasaanmu setelah menyanyikan
kedua lagu tersebut?
2. Adakah perbedaan cara menyanyikan kedua
lagu tersebut?
3. Tanda tempo apakah yang terdapat pada notasi
lagu "Kupu-Kupu yang Lucu" dan "Tik-Tik Bunyi
Hujan"?
4. Tahukah kamu perbedaan tempo pada lagu
"Kupu-Kupu yang Lucu" dan "Tik-Tik Bunyi
Hujan" tersebut?
5. Carilah notasi lagu-lagu lainnya! Tuliskan judul
dan tempo yang digunakan pada lagu tersebut!
Kerjakanlah pada buku tulismu, kemudian fotokan
dan kirimkan hasilnya kepada bapak/ibu guru!
Kegiatan 2
Ananda sudah mengetahui daur hidup hewan
peliharaan, seperti ayam, kelinci, dan kucing pada
pembelajaran sebelumnya. Kupu-kupu memiliki daur
hidup yang berbeda dengan daur hidup hewan-hewan
tersebut. Kupu-kupu mengalami proses perubahan
bentuk selama daur hidupnya. Proses perubahan bentuk
tersebut dinamakan metamorfosis.
Ada hewan yang mengalami metamorfosis sempurna
dan ada juga yang mengalami metamorfosis tidak
sempurna. Untuk mengetahui lebih lanjut, kita simak
tayangan berikut ini yuk!
https://youtu.be/r8jhcQ2MYSI
Catatlah informasi penting yang kamu peroleh dari
tayang tersebut!
Selanjutnya, kerjakanlah soal-soal berikut ini!
1. Perhatikanlah daur hidup kupu-kupu dan belalang!
Apa yang membedakan daur hidup kedua hewan
tersebut?
2. Buatlah kesimpulanmu tentang perbedaan daur
hidup kupu-kupu dan belalang!
3. Dapatkah kamu menemukan contoh hewan lain yang
mengalami metamorfosis sempurna dan tidak
sempurna?
a. Contoh hewan yang mengalami metamorfosis
sempurna:
b. Contoh hewan yang mengalami metamorfosis
tidak sempurna:
Kerjakanlah pada buku tulismu, kemudian fotokan dan
kirimkan hasilnya kepada bapak/ibu guru ya!
Ucapkanlah terima kasih kepada ayah/bunda yang telah
mendampingi Ananda belajar dari rumah. Mari kita akhiri
kegiatan pembelajaran hari ini dengan membaca doa!
Sampai jumpa pada pembelajaran berikutnya!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar