Rabu, 16 September 2020

TEMA 3. Peduli Terhadap Makhluk Hidup.

 Kelas             : IV (Empat) 
Tema              : 3. Peduli Terhadap Makhluk Hidup 
Subtema         : 1. Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku 
Pembelajaran : 5 
Semester        : I (Ganjil)

Assalamualaikum ....
Selamat pagi, apa kabar Ayah/Bunda? Semoga Ayah/Bunda senantiasa dalam keadaan sehat. Pada hari ini kita masih melakukan kegiatan pembelajaran dari rumah. Mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah. Ayah/Bunda jangan lupa untuk mengingatkan ananda untuk mematuhi protokol kesehatan dalam melakukan setiap aktivitas dan selalu menjaga kebersihan di lingkungan rumah agar terhindar dari penyebaran virus COVID-19 dan wabah demam berdarah. Terima kasih.
Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran hari ini. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini! Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan!

Kegiatan 1 
Ananda, sebelumnya kita telah belajar tentang padi. Tahukah kamu bahwa jenis tanaman yang berbeda mempunyai tempat yang berbeda untuk tumbuh? Kondisi dan karakteristik alam yang berbeda memengaruhi jenis tumbuhan yang hidup di sekitar wilayah tersebut. Ayo, kita cari tahu dengan menyimak penjelasan pada video berikut! https://youtu.be/O_L9Mq2t5p4 Bagaimana dengan wilayah tempat kamu tinggal? Termasuk wilayah pantai, dataran tinggi, atau dataran rendah? Ayo tuliskan lokasi, ciri-ciri, sumber daya alam, manfaat, serta mata pencaharian penduduk di sekitar tempat tinggalmu dalam peta pikiran sepeti di bawah ini! 
Kerjakanlah pada buku tulismu kemudian fotokan dan kirimkan kepada bapak/ibu guru!


Kegiatan 2 
Pada pembelajaran sebelumnya kamu dan temantemanmu telah membuat kolase dari tumbuhan. Pamerkan kolase tersebut pada GSE! Jelaskan hasil karyamu kepada teman-temanmu! Amati hasil karya teman-temanmu tersebut dan beri komentar sebagai bentuk apresiasimu. Tahukah ananda apa itu apresiasi seni? Apresiasi seni merupakan suatu penilaian terhadap suatu karya seni, mulai dari mengenali, menilai, dan menghargai makna atau nilai-nilai yang terkandung dalam karya seni tersebut. Pilih salah satu hasil karya temanmu. Tulis apresiasimu atas hasil karya tersebut dengan menjawab pertanyaan berikut! 
1. Apa yang kamu ketahui tentang hasil karya temanmu tersebut? 
2. Bagaimana pendapatmu tentang hasil karya temanmu tersebut? 
3. Menurutmu, bagian mana yang menarik dari karya tersebut? Mengapa? 
4. Apa saran yang ingin kamu sampaikan agar karya seni tersebut lebih baik lagi? 

Kerjakanlah pada buku tulismu kemudian fotokan dan kirimkan hasil pekerjaanmu kepada bapak/ibu guru! Ucapkan terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah! Sampai jumpa pada pembelajaran berikutnya! 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tema : 9. Kayanya Negeriku

Kelas                  : IV  Tema                  : 9. Kayanya Negeriku  Subtema            : 3. Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di I...