Selasa, 15 September 2020

TEMA 3. Peduli Terhadap Makhluk Hidup.

 Kelas             : IV (Empat) 
Tema              : 3. Peduli Terhadap Makhluk Hidup 
Subtema         : 1. Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku 
Pembelajaran : 4 
Semester        : I (Ganjil)

Assalamualaikum....
Selamat pagi, apa kabar Ayah/Bunda? Semoga Ayah/Bunda senantiasa dalam keadaan sehat. Pada hari ini kita masih melakukan kegiatan pembelajaran dari rumah. Mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah. Ayah/Bunda jangan lupa untuk mengingatkan ananda untuk mematuhi protokol kesehatan dalam melakukan setiap aktivitas dan selalu menjaga kebersihan di lingkungan rumah agar terhindar dari penyebaran virus COVID-19 dan wabah demam berdarah. Terima kasih.
Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran hari ini. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini! Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan!

Kegiatan 1 
Tumbuhan di sekitar kita memiliki banyak manfaat. Namun harus diingat, kita harus bijak dalam memanfaatkannya ya! Selain menggunakan dengan tidak berlebihan. Tanaman juga perlu kita rawat. Tanaman yang kita rawat menjadi subur. Ketika tanaman subur kita akan mendapatkan manfaat yang lebih baik dari tanaman. Sekarang, ayo kita membaca cerita Lani dan adiknya dalam merawat tanaman pada tautan berikut! 
Setelah membaca cerita tersebut, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini! 
1. Apa yang dilakukan Lani terhadap tanamannya? 
2. Apa yang dilakukan adik Lani terhadap tanamannya? 
3. Manakah yang menurutmu telah bersikap bijak terhadap tanaman? Lani atau adiknya? Jelaskan! 
4. Ketika adik Lani tidak menyiram tanamannya, siapa saja yang dirugikan? 
5. Ketika adik Lani lupa menyiram tanamannya, apakah dia sudah melaksanakan kewajibannya? 
6. Ketika Lani menyiram tanamannya, apakah dia sudah melaksanakan kewajibannya? 
7. Mengapa memperoleh hak untuk mendapatkan tanaman subur itu penting? 
8. Mengapa melakukan kewajiban untuk merawat tanaman itu penting? 

Kerjakanlah pada buku tulismu kemudian fotokan kirim ke GSE

Kegiatan 2 
Ananda, pada pembelajaran berikutnya kita akan mempelajari tentang Faktor Persekutuan Terbesar (FPB) dan Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK). Baik FPB maupun KPK sering kali digunakan untuk memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Sebelum mempelajari FPB dan KPK, kita harus memahami terlebih dahulu faktor dan juga kelipatan suatu bilangan. Mari kita simak penjelasannya pada video berikut! https://youtu.be/P90a7w-JbY0 Bagaimana? Mudah bukan? Apabila ada penjelasan yang kurang dipahami, Ananda dapat bertanya kepada ayah/bunda di rumah atau bapak/ibu guru ya! Selanjutnya, ayo coba kita kerjakan soal-soal berikut ini! 
1. Faktor dari 15 = .... 
2. Faktor dari 24 = .... 
3. Kelipatan bilangan 8 = .... 
4. Kelipatan bilangan 15 = .... 
5. Kelipatan bilangan 21 = .... 

Kerjakanlah pada buku tulismu kemudian fotokan dan kirimkan hasil pekerjaanmu kepada bapak/ibu guru! melalui GSE Ucapkan terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah! Sampai jumpa 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tema : 9. Kayanya Negeriku

Kelas                  : IV  Tema                  : 9. Kayanya Negeriku  Subtema            : 3. Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di I...