Kelas : IV (Empat)
Tema : 3. Peduli Terhadap Makhluk Hidup
Subtema : 1. Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku
Pembelajaran : 4
Semester : I (Ganjil)
Assalamualaikum....
Selamat pagi, apa kabar Ayah/Bunda? Semoga Ayah/Bunda senantiasa dalam keadaan sehat. Pada
hari ini kita masih melakukan kegiatan pembelajaran dari rumah. Mohon bimbingan Ayah/Bunda
untuk mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah.
Ayah/Bunda jangan lupa untuk mengingatkan ananda untuk mematuhi protokol kesehatan dalam
melakukan setiap aktivitas dan selalu menjaga kebersihan di lingkungan rumah agar terhindar dari
penyebaran virus COVID-19 dan wabah demam berdarah. Terima kasih.
Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air
mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai
pembelajaran hari ini. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan
diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini! Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk
mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta
bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan!
Kegiatan 1
Tumbuhan di sekitar kita memiliki banyak manfaat.
Namun harus diingat, kita harus bijak dalam
memanfaatkannya ya! Selain menggunakan dengan
tidak berlebihan. Tanaman juga perlu kita rawat.
Tanaman yang kita rawat menjadi subur. Ketika
tanaman subur kita akan mendapatkan manfaat
yang lebih baik dari tanaman.
Sekarang, ayo kita membaca cerita Lani dan
adiknya dalam merawat tanaman pada tautan
berikut!
Setelah membaca cerita tersebut, jawablah
pertanyaan-pertanyaan berikut ini!
1. Apa yang dilakukan Lani terhadap tanamannya?
2. Apa yang dilakukan adik Lani terhadap
tanamannya?
3. Manakah yang menurutmu telah bersikap bijak
terhadap tanaman? Lani atau adiknya?
Jelaskan!
4. Ketika adik Lani tidak menyiram tanamannya,
siapa saja yang dirugikan?
5. Ketika adik Lani lupa menyiram tanamannya,
apakah dia sudah melaksanakan kewajibannya?
6. Ketika Lani menyiram tanamannya, apakah dia
sudah melaksanakan kewajibannya?
7. Mengapa memperoleh hak untuk mendapatkan
tanaman subur itu penting?
8. Mengapa melakukan kewajiban untuk merawat
tanaman itu penting?
Kerjakanlah pada buku tulismu kemudian fotokan kirim ke GSE
Kegiatan 2
Ananda, pada pembelajaran berikutnya kita akan
mempelajari tentang Faktor Persekutuan Terbesar
(FPB) dan Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK). Baik
FPB maupun KPK sering kali digunakan untuk
memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari.
Sebelum mempelajari FPB dan KPK, kita harus
memahami terlebih dahulu faktor dan juga kelipatan
suatu bilangan. Mari kita simak penjelasannya pada
video berikut!
https://youtu.be/P90a7w-JbY0
Bagaimana? Mudah bukan? Apabila ada penjelasan
yang kurang dipahami, Ananda dapat bertanya kepada
ayah/bunda di rumah atau bapak/ibu guru ya!
Selanjutnya, ayo coba kita kerjakan soal-soal berikut
ini!
1. Faktor dari 15 = ....
2. Faktor dari 24 = ....
3. Kelipatan bilangan 8 = ....
4. Kelipatan bilangan 15 = ....
5. Kelipatan bilangan 21 = ....
Kerjakanlah pada buku tulismu kemudian fotokan dan
kirimkan hasil pekerjaanmu kepada bapak/ibu guru! melalui GSE Ucapkan terima kasih kepada ayah/bunda yang telah
mendampingi Ananda belajar di rumah! Sampai jumpa
Tidak ada komentar:
Posting Komentar