Kelas : IV
Tema : 6. Cita-citaku
Subtema : 2. Hebatnya Cita-citaku
Pembelajaran : 5
Semester : II (Genap)
Assalamualaikum .....
Selamat pagi, apa kabar Ayah/Bunda? Semoga Ayah/Bunda senantiasa dalam keadaan sehat. Pada hari
ini kita masih melakukan kegiatan pembelajaran dari rumah. Mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk
mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah.
Ayah/Bunda jangan lupa untuk mengingatkan ananda untuk mematuhi protokol kesehatan dalam
melakukan setiap aktivitas dan selalu menjaga kebersihan di lingkungan rumah agar terhindar dari
penyebaran virus COVID-19 dan wabah demam berdarah. Terima kasih.
Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air
mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai
pembelajaran hari ini. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan
kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini! Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk
mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan,
ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan!
KEGIATAN 1.
Pernahkah kamu melihat nama seorang penulis
dalam sebuah buku?
Penulis merupakan salah satu pekerja seni sastra.
Karena ia merangkai kata-kata untuk menuangkan
imajinasi atau pendapatnya tentang lingkungan
sekitar agar orang lain dapat membaca dan
merasakan hal yang sama.
Puisi juga merupakan salah satu contoh karya
sastra. Dalam puisi, kata-kata yang digunakan sering
kali mempunyai makna yang dalam. Puisi
menggunakan kalimat yang lebih pendek
dibandingkan dengan karangan.
Saatnya untukmu memulai membuat puisi tentang
cita-cita. Untuk itu, lakukan hal-hal berikut:
1. Bayangkan cita-citamu, lalu ceritakan kehebatan
cita-citamu tersebut. Ceritakan bagaimana cita-
citamu akan berguna bagi orang lain di
sekitarmu.
2. Buatlah beberapa kata kunci dari setiap gagasan
yang kamu miliki.
3. Rangkailah gagasan-gagasan tersebut sehingga
menjadi puisi yang utuh.
4. Pilihlah kata-kata yang memiliki rima hampir
serupa.
5. Tuliskan puisimu di dalam buku catatanmu.
Bacakanlah puisi hasil buatanmu tersebut, rekam
dalam bentuk video/voice note ya!
Apakah kamu masih ingat cara menuliskan makna
setiap bait puisi? Kamu dapat menyimak kembali
penjelasannya pada video berikut!
https://youtu.be/EGGMmpN0yoo
Selanjutnya, tuliskanlah makna yang terdapat dalam
puisimu tersebut ke dalam kolom seperti berikut ini!
Kerjakan pada buku tulismu, kemudian fotokan dan
kirimkan kepada bapak/ibu guru ya!
KEGIATAN 2.
Ananda, pada pembelajaran sebelumnya kamu sudah
belajar tentang pangkat dua dan akar pangkat dua.
Sekaraang saatnya kamu belajar mencari luas persegi.
Bagaimana caranya? Simak tayangan berikut ini yuk!
https://youtu.be/T6gQGbz4Y00
Bagaimana Anak-anak? Mudah bukan? Apabila ada yang
belum kalian pahami, Kamu dapat bertanya kepada
ayah/bunda atau bapak/ibu guru!
Sebagai latihan, kerjakanlah soa-soal berikut ini!
Kerjakanlah pada buku tulismu, kemudian fotokan dan
kirimkan hasilnya kepada bapak/ibu guru ya!
Sampai di sini pembelajaran jarak jauh hari ini.
Ucapkanlah terima kasih kepada ayah/bunda yang telah
mendampingin Ananda belajar dari rumah! Mari kita
akhiri kegiatan pemebelajaran hari ini dengan membaca
doa sesudah belajar! Sampai jumpa besok!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar