Kelas : IV (Empat)
Tema : 4. Berbagai Pekerjaan
Subtema : 2. Pekerjaan di Sekitarku
Pembelajaran : 3
Semester : I (Ganjil)
Assalamualaikum ....
Selamat pagi, apa kabar Ayah/Bunda? Semoga Ayah/Bunda senantiasa dalam keadaan sehat. Pada hari ini kita masih melakukan kegiatan pembelajaran dari rumah. Mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah. Ayah/Bunda jangan lupa untuk mengingatkan ananda untuk mematuhi protokol kesehatan dalam melakukan setiap aktivitas dan selalu menjaga kebersihan di lingkungan rumah agar terhindar dari penyebaran virus COVID-19 dan wabah demam berdarah. Terima kasih.
Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran hari ini. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini! Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan!
Kegiatan 1
Ananda, tentu kamu masih cerita ayah Beni yang
merupakan seorang pengrajin kayu bukan?
Tahukah kamu dari mana kayu bisa didapatkan? Ya,
kayu bisa didapat dari pohon-pohon yang ada di
hutan. Salah satu hutan di Indonesia yang sering
diambil pohonnya adalah hutan di Kalimantan.
Dahulu hutan Kalimantan sangat lebat dan
merupakan paru-paru dunia (penghasil oksigen).
Akan tetapi, kini pohon-pohonnya semakin
berkurang. Sering sekali karena kebakaran hutan.
Perhatikan kenampakan hutan di Kalimantan pada
gambar di bawah ini! Warna hijau menunjukkan
adanya pohon dan warna putih menunjukkan
hutan yang gundul.
Selanjutnya, jawablah pertanyaan-pertanyaan
berikut ini!
1. Menurutmu bagaimana perkembangan pohon
yang ada di hutan Kalimantan dari tahun ke
tahun?
2. Menurutmu, mengapa kenampakan hutan pada
tahun 1950 dan 2010 sangat berbeda?
3. Bagaimana kondisi hutan jika terjadi
penebangan terus-menerus?
4. Apa yang harus kita lakukan untuk menjaga
kelestarian hutan?
5. Sikap apa yang sebaiknya dimiliki oleh pengrajin
kayu agar kelestarian hutan tetap terjaga?
6. Jenis pekerjaan apa yang berhubungan dengan
pelestarian hutan?
Kerjakanlah pada buku tulismu, kemudian
fotokan
dan kirimkan hasilnya kepada bapak/ibu guru
Kegiatan 2
Anak-anak, banyak pekerjaan yang dapat dilakukan
secara bersama-sama atau gotong royong. Dengan
gotong royong pekerjaan menjadi lebih mudah dan
lebih cepat diselesaikan. Gotong royong merupakan
salah satu wujud dari pengamalan sila ke-3 Pancasila.
Apa makna dari sila ke-3 Pancasila dan juga simbolnya?
Mari kita simak penjelasannya melalui tayangan berikut!
https://youtu.be/du4NI7CO4e8
Setelah menyaksikan tayangan tersebut, selanjutnya
kerjakanlah soal-soal berikut ini!
1. Jelaskan makna dari sila Persatuan Indonesia!
2. Berikut ini adalah simbol sila ke-3!
Jelaskan arti simbol tersebut!
3. Bagaimana hubungan makna sila ke-3 Pancasila
dengan simbolnya?
4. Tulislah contoh perilaku dalam kehidupan sehari-hari
yang sesuai dengan sila ketiga!
5. Bagaimana jika nila-nilai yang terkandung dalam sila
ke-3 Pancasila tidak diamalkan dengan baik?
6. Apa jenis pekerjaan orang tuamu? Ceritakan
pekerjaan orangtuamu dan hubungannya dengan sila
ke-3 pancasila!
Kerjakanlah pada buku tulismu, kemudian fotokan dan
kirimkan hasilnya kepada bapak/ibu guru!
Sampai di sini pembelajaran hari ini. Ucapkanlah terima
kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi
Ananda belajar di rumah! Mari kita akhiri dengan
membaca doa! Sampai jumpa besok!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar