Jumat, 18 September 2020

TEMA 3. Peduli Terhadap Makhluk Hidup.

Kelas             : IV 
Tema             : 3. Peduli Terhadap Makhluk Hidup 
Subtema        : 2: Keberagaman Makhluk Hidup Di Lingkunganku 
Pembelajaran : 1. 
Semester        : I (Ganjil)

Assalamualaikum ....
Selamat pagi, apa kabar Ayah/Bunda? Semoga Ayah/Bunda senantiasa dalam keadaan sehat. Pada hari ini kita masih melakukan kegiatan pembelajaran dari rumah. Mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah. Ayah/Bunda jangan lupa untuk mengingatkan ananda untuk mematuhi protokol kesehatan dalam melakukan setiap aktivitas dan selalu menjaga kebersihan di lingkungan rumah agar terhindar dari penyebaran virus COVID-19 dan wabah demam berdarah. Terima kasih.

Anak-anak hari ini hari Jumat? Ayo, jangan lupa melakukan PSN. Periksa sumber-dan penampungan air di rumah, amati adakah jentik nyamuk? Jika ada segera tuang di atas tanah ya biar tidak tumbuh menjadi nyamuk. Agar kita terhindar dari penyakit demam berdarah! Nah setelah itu cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran hari ini. Kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini! Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan!

Kegiatan 1 
Anak-anak sebagai makhluk sosial kita hidup berdampingan dengan makhluk hidup yang lain. Makhluk hidup di sekitar kita ada beragam. Ada tumbuhan dan juga hewan. Makhluk hidup termasuk salah satu sumber daya alam lho. Yuk kita pelajari lebih dalam yaa .. Sumber daya alam yang berasal dari tumbuhan, misalnya pisang. Tanaman pisang banyak kita jumpai, tanaman ini mudah tumbuh, mudah perawatannya, banyak manfaatnya, dan bernilai ekonomi juga. Hampir seluruh bagian tanaman pisang dapat diambil manfaatnya oleh manusia. Sumber daya alam yang berasal dari hewan, contoh ayam. Ayam adalah binatang ternak yang paling banyak kita jumpai. Yuk kita lihat, bagian apa saja yang dapat dimanfaatkan oleh manusia dan bernilai ekonomi? Ayam diambil daging dan telornya untuk dikonsumsi, karena daging dan telor ayam adalah sumber protein yang berguna bagi kesehatan manusia. Bahkan bulu ayampun bisa dimanfaatkan oleh manusia, untuk apa ya? Simak penjelasan lengkapnya pada tautan berikut https://youtu.be/85WjEYoRrFY Setelah melihat video tugas kalian mengamati sumber daya alam yang ada di sekitar kalian, baik tumbuhan maupun hewan, hasil pengamatan tuliskan pada tabel di kegiatan 2 ya 

Kegiatan 2 
Di kegiatan 1 anak-anak sudah mengamati sumber daya alam berupa makhluk hidup di sekitar kita. Nah selain memanfaatkan sumber daya tersebut kita juga mempunyai kewajiban untuk menjaga kelestariannya. Karena kalau tidak dijaga bisa punah. Anak-anak kita juga punya kewajiban untuk mencari sumber energi alternatif. Jelaskan? Kalau sudah selesai melakukan pengamatan di lingkungan sekitar, kalian isi tabel berikut! 

Selamat mengerjakan anak-anak! Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini! Mari kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar. 
Terima kasih, sampai jumpa minggu depan! *Yuk lebih semangat belajar karena tanggal 21-24 September nanti kita akan melaksanakan Penilaian Tengah Semester (PTS), anak-anak sudah siap kan? Semangat! 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tema : 9. Kayanya Negeriku

Kelas                  : IV  Tema                  : 9. Kayanya Negeriku  Subtema            : 3. Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di I...