Kelas : IV
Tema : 3. Peduli Terhadap Makhluk Hidup
Subtema : 2: Keberagaman Makhluk Hidup Di Lingkunganku
Pembelajaran : 1.
Semester : I (Ganjil)
Assalamualaikum ....
Selamat pagi, apa kabar Ayah/Bunda? Semoga Ayah/Bunda senantiasa dalam keadaan sehat. Pada hari
ini kita masih melakukan kegiatan pembelajaran dari rumah. Mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk
mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah.
Ayah/Bunda jangan lupa untuk mengingatkan ananda untuk mematuhi protokol kesehatan dalam
melakukan setiap aktivitas dan selalu menjaga kebersihan di lingkungan rumah agar terhindar dari
penyebaran virus COVID-19 dan wabah demam berdarah. Terima kasih.
Anak-anak hari ini hari Jumat? Ayo, jangan lupa melakukan PSN. Periksa sumber-dan penampungan air di rumah,
amati adakah jentik nyamuk? Jika ada segera tuang di atas tanah ya biar tidak tumbuh menjadi nyamuk. Agar kita
terhindar dari penyakit demam berdarah! Nah setelah itu cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air
mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai
pembelajaran hari ini. Kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan
kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini! Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk
mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta
bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan!
Kegiatan 1
Anak-anak sebagai makhluk sosial kita hidup
berdampingan dengan makhluk hidup yang lain.
Makhluk hidup di sekitar kita ada beragam. Ada
tumbuhan dan juga hewan. Makhluk hidup
termasuk salah satu sumber daya alam lho. Yuk
kita pelajari lebih dalam yaa ..
Sumber daya alam yang berasal dari tumbuhan,
misalnya pisang. Tanaman pisang banyak kita
jumpai, tanaman ini mudah tumbuh, mudah
perawatannya, banyak manfaatnya, dan bernilai
ekonomi juga. Hampir seluruh bagian tanaman
pisang dapat diambil manfaatnya oleh manusia.
Sumber daya alam yang berasal dari hewan,
contoh ayam. Ayam adalah binatang ternak yang
paling banyak kita jumpai. Yuk kita lihat, bagian
apa saja yang dapat dimanfaatkan oleh manusia
dan bernilai ekonomi?
Ayam diambil daging dan telornya untuk
dikonsumsi, karena daging dan telor ayam adalah
sumber protein yang berguna bagi kesehatan
manusia.
Bahkan bulu ayampun bisa dimanfaatkan oleh
manusia, untuk apa ya?
Simak penjelasan lengkapnya pada tautan berikut https://youtu.be/85WjEYoRrFY Setelah melihat video tugas kalian mengamati
sumber daya alam yang ada di sekitar kalian, baik
tumbuhan maupun hewan, hasil pengamatan
tuliskan pada tabel di kegiatan 2 ya
Kegiatan 2
Di kegiatan 1 anak-anak sudah mengamati sumber daya
alam berupa makhluk hidup di sekitar kita.
Nah selain memanfaatkan sumber daya tersebut kita juga
mempunyai kewajiban untuk menjaga kelestariannya.
Karena kalau tidak dijaga bisa punah. Anak-anak kita juga
punya kewajiban untuk mencari sumber energi alternatif.
Jelaskan? Kalau sudah selesai melakukan pengamatan di
lingkungan sekitar, kalian isi tabel berikut!
Selamat mengerjakan anak-anak! Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini! Mari kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar.
Terima kasih, sampai jumpa minggu depan!
*Yuk lebih semangat belajar karena tanggal 21-24
September nanti kita akan melaksanakan Penilaian Tengah
Semester (PTS), anak-anak sudah siap kan? Semangat!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar