Kelas : IV
Tema : 9. Kayanya Negeriku
Subtema : 1. Kekayaan Sumber Energi di Indonesia
Pembelajaran : 3
Semester : II (Genap)
Assalamualaikum ....
Selamat pagi, apa kabar Ayah/Bunda? Semoga Ayah/Bunda senantiasa dalam keadaan sehat. Pada hari
ini kita masih melakukan kegiatan pembelajaran dari rumah. Mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk
mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah.
Ayah/Bunda jangan lupa untuk mengingatkan ananda untuk mematuhi protokol kesehatan dalam
melakukan setiap aktivitas dan selalu menjaga kebersihan di lingkungan rumah agar terhindar dari
penyebaran virus COVID-19 dan wabah demam berdarah. Terima kasih.
Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air
mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai
pembelajaran hari ini. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan
kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini! Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk
mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan,
ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan!
Kegiatan 1
Indonesia adalah bangsa yang memiliki banyak
sumber energi. Sumber energi mulai dari minyak
dan gas bumi (migas) sampai yang bukan minyak
dan gas bumi (nonmigas).
Berdasarkan kemampuannya untuk diperbaharaui,
sumber energi dibagi menjadi dua jenis, yaitu:
sumber energi yang tidak dapat diperbaharui dan
sumber energi yang dapat diperbaharui. Mari kita
cari tahu lebih lanjut dengan membacanya pada
tautan di bawah ini!
https://tinyurl.com/3v5ay992
Kamu telah mengetahui jenis-jenis sumber energi
berdasarkan kemampuannya untuk diperbaharui.
Selanjutnya, tuliskanlah apa yang dimaksud dengan
sumber energi yang tidak dapat diperbaharui dan
sumber energi yang dapat diperbaharui? Berikanlah
contohnya!
Matahari merupakan sumber energi yang terbesar
bagi bumi. Energi matahari tidak akan pernah habis
digunakan. Energi matahari bermanfaat bagi
seluruh alam terutama makhluk hidup. Tuliskanlah
manfaat energi matahari yang kamu ketahui pada
peta konsep berikut!
Kerjakanlah pada buku tulismu, kemudian fotokan
dan kirimkan hasilnya kepada bapak/ibu guru!
Kegiatan 2
Kamu akan melakukan wawancara. Wawancara itu untuk
memperoleh data mengenai sumber-sumber energi yang
ada di daerah tempat tinggalmu. Tahukah kamu apa itu
wawancara? Bagaimana cara melakukan dan
melaporkan hasil wawancara? Simak tayangan berikut!
https://youtu.be/OqbyPk4syVk
Catatlah informasi penting yang kamu peroleh pada
tayangan tersebut agar kamu dapat mempelajarinya
kembali!
Berdasarkan bacaan pada kegiatan sebelumnya, coba
identifikasilah sumber-sumber energi yang ada di daerah
tempat tinggalmu. Untuk mendapatkan jawabannya,
kamu bisa melakukan wawancara dengan orang-orang
yang ada di rumahmu!
Buatlah daftar pertanyaan yang ingin kamu ajukan,
lakukanlah wawancara dengan narasumber, dan tuliskan
laporan hasil wawancaramu seperti berikut ini!
Kerjakanlah pada buku tulismu, kemudian fotokan dan
kirimkan hasilnya kepada bapak/ibu guru!
Sampai di sini pembelajaran kita hari ini. Mari kita akhiri
pembelajran hari ini dengan membaca doa setelah
belajar! Ucapkanlah terima kasih kepada ayah/bunda
yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah.
Sampai jumpa besok!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar