Kelas : IV
Tema : 8. Daerah Tempat Tinggalku
Subtema : 3. Bangga Terhadap Daerah Tempat Tinggalku
Pembelajaran : 2
Semester : II (Genap)
Assalamualaikum ....
Selamat pagi, apa kabar Ayah/Bunda? Semoga Ayah/Bunda senantiasa dalam keadaan sehat. Pada hari
ini kita masih melakukan kegiatan pembelajaran dari rumah. Mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk
mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah.
Ayah/Bunda jangan lupa untuk mengingatkan ananda untuk mematuhi protokol kesehatan dalam
melakukan setiap aktivitas dan selalu menjaga kebersihan di lingkungan rumah agar terhindar dari
penyebaran virus COVID-19 dan wabah demam berdarah. Terima kasih.
Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air
mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai
pembelajaran hari ini. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan
kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini! Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk
mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan,
ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan!
Kegiatan 1
Gambar adalah karya seni rupa dua dimensi. Karya
seni rupa dua dimensi merupakan karya seni rupa
yang memiliki ukuran panjang dan lebar. Objek
gambar adalah benda-benda tiga dimensi. Tentu di
tempat tinggalmu banyak benda-benda tiga dimensi
bukan?
Benda tiga dimensi adalah karya seni rupa yang
memiliki panjang, lebar, dan tinggi, serta memiliki
volume. Unsur volume inilah yang menjadi
pembeda antara benda dua dimensi dan benda tiga
dimensi. Benda tiga dimensi misalnya benda hias
dan benda yang digunakan untuk memenuhi
kebutuhan sehari-hari. Contohnya guci, vas bunga,
meja, kursi, lemari, dan lampu hias.
Untuk mengingat kembali tentang gambar bentuk
tiga dimensi, simak tayangan berikut ini!
https://youtu.be/fp8TaVQbGT8
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut, supaya
kamu lebih memahami karya benda tiga dimensi!
1.Bagaimana ciri-ciri benda berbentuk tiga dimensi?
2.Apa saja jenis-jenis benda karya tiga dimensi?
3.Bagaimanakah teknik dasar menggambar benda
tiga dimensi?
4.Berikan contoh benda-benda tiga dimensi di
rumahmu yang termasuk jenis benda kubistis,
silindris,
dan bebas!
5.Cobalah untuk menggambar benda di bawah ini!
Kerjakanlah pada buku tulismu, kemudian fotokan
dan kirimkan hasilnya kepada bapak/ibu guru!
Kegiatan 2
Ananda, tanpa kita sadari dalam kehidupan sehari-hari
kita sering berhadapan dengan data. Misalnya saja, data
tentang usia, tinggi badan, berat badan, ukuran sepatu,
atau data nilai hasil ulangan. Nah, data-data yang
terkumpul dari sejumlah orang baik secara langsung
maupun melalui lembar isian dapat disajikan dalam
bentuk tabel dan diagram. Melalui tabel dan diagram,
kita akan lebih mudah memperoleh informasi yang
diperlukan. Tabel dan diagram juga membuat sajian data
menjadi lebih menarik.
Mari kita cari tahu lebih lanjut tentang pengumpulan dan
penyajian data melalui tayangan berikut!
https://youtu.be/Te5hhCuJ9dQ
Sebagai latihan, kerjakanlah soal-soal di bawah ini!
1. Apa perbedaan pengumpulan data langsung dan
pengumpulan data melalui lembar isian?
2. Berdasarkan hasil pegumpulan data nilai hasil ulangan
Siswa Kelas IV secara langsung diperoleh
data sebagai
berikut:
70, 70, 50, 100, 90, 70, 60, 80, 80, 70,
90, 85, 70, 60, 70, 80, 90, 100, 85, 70
a)
Sajikanlah data di atas dalam bentuk tabel!
b) Sajikanlah data di atas dalam bentuk diagram
batang!
Kerjakanlah pada buku tulismu, kemudian fotokan dan
kirimkan hasilnya kepada bapak/ibu guru!
Sampai di sini pembelajaran kita hari ini. Mari kita akhiri
pembelajran hari ini dengan membaca doa setelah
belajar! Ucapkanlah terima kasih kepada ayah/bunda
yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah.
Sampai jumpa besok!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar