Kelas : IV
Tema : 8. Daerah Tempat Tinggalku
Subtema : 2. Keunikan Daerah Tempat Tinggalku
Pembelajaran : 4
Semester : II (Genap)
Assalamualaikum ....
Selamat pagi, apa kabar Ayah/Bunda? Semoga Ayah/Bunda senantiasa dalam keadaan sehat. Pada hari
ini kita masih melakukan kegiatan pembelajaran dari rumah. Mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk
mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah.
Ayah/Bunda jangan lupa untuk mengingatkan ananda untuk mematuhi protokol kesehatan dalam
melakukan setiap aktivitas dan selalu menjaga kebersihan di lingkungan rumah agar terhindar dari
penyebaran virus COVID-19 dan wabah demam berdarah. Terima kasih.
Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air
mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai
pembelajaran hari ini. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan
kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini! Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk
mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan,
ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan!
Kegiatan 1
Ananda, adakah dari kalian yang berasal dari kota
Tangerang? Atau justru bertempat tinggal di
Tengerang? Sebagai daerah yang berbatasan
dengan Ibu Kota Jakarta, Tangerang merupakan
kota unik dilihat dari kegiatan ekonominya. Kegiatan
ekonomi masyarakat dapat dilihat dari hadirnya
pasar tradisional yang terletak di Jalan Kisamun
pusat Kota Tangerang hingga berdirinya banyak
pabrik di Tangerang.
Tangerang dijuluki kota 1000 industri karena
merupakan pusat industri di Pulau Jawa. Di
Tangerang berdiri lebih dari 1000 pabrik. Banyak
perusahan-perusahaan internasional yang memiliki
pabrik di kota ini. Ayo, kita cari tahu lebih lanjut
tentang kegiatan ekonomi di bidang industri melalui
tayangan berikut ini!
https://youtu.be/RauzZwdUbEg
Amatilah gambar di bawah ini!
1. Siapa saja yang bekerja di pabrik ban? Siapa saja
yang bekerja di pabrik sepatu? Apakah ada
pekerja yang sama pada kedua pabrik tersebut?2. Adakah di sekitar tempat tinggalmu industri
penghasil benda atau barang? Jika ada, sebutkan
nama industri yang dijalankan. Siapa saja pekerja
dan pekerjaannya
Kerjakanlah pada buku tulismu, kemudian fotokan
dan kirimkan hasilnya kepada bapak/ibu guru!
Kegiatan 2
Pekerja dan pekerjaan pada suatu tempat kerja tentu
beragam. Bukan hanya pekerja dan pekerjaan, siswa di
sebuah sekolah tentu juga beragam.
Ada siswa yang suka berolah raga, ada siswa yang suka
menari, ada siswa yang suka sains, ada siswa yang suka
menggambar, ada anak yang suka membaca, dan masih
banyak lagi. Setiap siswa juga mempunyai karakter yang
berbeda. Ada anak yang pemalu, ada anak yang pendiam,
ada anak yang berani, dan masih banyak lagi. Keragaman
siswa pada suatu sekolah hendaknya disikapi secara
positif.
Selanjutnya, coba kalian jawab pertanyaan-pertanyaan
di bawah ini!
1. Apa manfaat dari keragaman karakteristik di sekolah
bagi dirimu?
2. Bagaimana sikapmu terhadap temanmu yang
pendiam?
3. Bagaimana sikapmu terhadap teman yang berbeda
agama?
4. Bagaimana sikapmu terhadap teman yang berasal
dari daerah lain?
Berdasarkan jawaban-jawaanmu tersebut, buatlah
sebuah kesimpulan tentang manfaat keragaman
karakteristik individu dan juga cara menyikapi
keragaman yang ada. Paparkan kepada bapak/ibu guru
dalam melalui pesan suara/voice note!
Sampai di sini pembelajaran hari ini. Ucapkanlah terima
kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi
Ananda belajar di rumah. Mari kita akhiri dengan
membaca doa setelah belajar! Sampai jumpa besok!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar