Rabu, 18 November 2020

Tema : 5. Pahlawanku

Kelas     : IV (Empat) 
Tema      : 5. Pahlawanku 
Subtema   : 1. Perjuangan Para Pahlawan 
Pembelajaran : 6 

Assalamualaikum ....
Selamat pagi, apa kabar Ayah/Bunda? Semoga Ayah/Bunda senantiasa dalam keadaan sehat. Pada hari ini kita masih melakukan kegiatan pembelajaran dari rumah. Mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah. Ayah/Bunda jangan lupa untuk mengingatkan ananda untuk mematuhi protokol kesehatan dalam melakukan setiap aktivitas dan selalu menjaga kebersihan di lingkungan rumah agar terhindar dari penyebaran virus COVID-19 dan wabah demam berdarah. Terima kasih.
Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran hari ini. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini! Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan!


Kegiatan 1 
Ananda, Tahukah kamu, siapa lagi pahlawan yang berjuang untuk mempertahankan wilayahnya? Bagaimana sifat perjuangan pahlawan tersebut? Salah satu pahlawan yang berjuang demi mempertahankan wilayahnya adalah Pangeran Diponegoro. Ayo kita cari tahu lebih lanjut tentang Pangeran Diponegoro melalui tayangan berikut ini! https://youtu.be/iq1csviqMJo Catatlah informasi penting yang kamu peroleh dari video tersebut. Berdasarkan informasi yang kamu peroleh, buatlah peta pikiran mengenai Pangeran Diponegoro! 


Buatlah peta pikiran tersebut pada buku tulismu, selanjutnya paparkan informasi pada peta pikiran tersebut kepada bapak/ibu guru melalui rekaman suara/voice note!


Kegiatan 2 
Salah satu upaya yang dilakukan Pangeran Diponegoro dalam perjuangannya adalah menyatukan seluruh rakyat pribumi dalam semangat “Sadumuk bathuk, sanyari bumi ditohi tekan pati“; sejari kepala, sejengkal tanah, dibela sampai mati. Usaha ini berhasil karena Pangeran Diponegoro melakukannya disertai dengan memelopori, mencontohkan, dan memberikan komando yang jelas kepada semua rakyat, khususnya di Pulau Jawa. Banyak hal yang dapat kita teladani dari perilaku dan perjuangan yang telah dilakukan oleh Pangeran Diponegoro. Selanjutnya, jawablah soal-soal berikut ini! 
1. Apa yang dapat kamu teladani dari perjuangan Pangeran Diponegoro? Jelaskan jawbanmu! 
2. Apakah semangat Pangeran Diponegoro menyatukan rakyat yang berbedabeda dapat diterapkan 
     dalam kehidupan sehari-hari? Berikan contoh! 
3. Sejalan dengan sila berapakah sikap pangeran Diponegoro tersebut? 
4. Apakah kamu menemukan sikap lain yang mencerminkan sila-sila dalam Pancasila yang bisa 
      diteladani dari Pangeran Diponegoro? 
5. Apakah kamu pernah bekerja sama dengan teman yang berbeda-beda untuk mencapai tujuan? 
Tulis pengalaman bekerja sama yang pernah kamu lakukan! Kerjakanlah pada buku tulismu, kemudian fotokan dan kirimkan hasilnya kepada bapak/ibu guru! Sampai di sini pembelajaran hari ini. Ucapkanlah terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah! 








Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tema : 9. Kayanya Negeriku

Kelas                  : IV  Tema                  : 9. Kayanya Negeriku  Subtema            : 3. Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di I...