Kelas : IV (Empat)
Tema : 5. Pahlawanku
Subtema : 1. Perjuangan Para Pahlawan
Pembelajaran : 6
Assalamualaikum ....
Selamat pagi, apa kabar Ayah/Bunda? Semoga Ayah/Bunda senantiasa dalam keadaan sehat. Pada hari ini kita masih melakukan kegiatan pembelajaran dari rumah. Mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah. Ayah/Bunda jangan lupa untuk mengingatkan ananda untuk mematuhi protokol kesehatan dalam melakukan setiap aktivitas dan selalu menjaga kebersihan di lingkungan rumah agar terhindar dari penyebaran virus COVID-19 dan wabah demam berdarah. Terima kasih.
Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran hari ini. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini! Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan!
Kegiatan 1
Ananda, Tahukah kamu, siapa lagi pahlawan yang
berjuang untuk mempertahankan wilayahnya?
Bagaimana sifat perjuangan pahlawan tersebut?
Salah satu pahlawan yang berjuang demi
mempertahankan wilayahnya adalah Pangeran
Diponegoro. Ayo kita cari tahu lebih lanjut tentang
Pangeran Diponegoro melalui tayangan berikut ini!
https://youtu.be/iq1csviqMJo
Catatlah informasi penting yang kamu peroleh dari
video tersebut. Berdasarkan informasi yang kamu
peroleh, buatlah peta pikiran mengenai Pangeran
Diponegoro!
Buatlah peta pikiran tersebut pada buku tulismu,
selanjutnya paparkan informasi pada peta pikiran
tersebut kepada bapak/ibu guru melalui rekaman
suara/voice note!
Kegiatan 2
Salah satu upaya yang dilakukan Pangeran Diponegoro
dalam perjuangannya adalah menyatukan seluruh
rakyat pribumi dalam semangat “Sadumuk bathuk,
sanyari bumi ditohi tekan pati“; sejari kepala, sejengkal
tanah, dibela sampai mati.
Usaha ini berhasil karena Pangeran Diponegoro
melakukannya disertai dengan memelopori,
mencontohkan, dan memberikan komando yang jelas
kepada semua rakyat, khususnya di Pulau Jawa.
Banyak hal yang dapat kita teladani dari perilaku dan
perjuangan yang telah dilakukan oleh Pangeran
Diponegoro. Selanjutnya, jawablah soal-soal berikut ini!
1. Apa yang dapat kamu teladani dari perjuangan
Pangeran Diponegoro? Jelaskan jawbanmu!
2. Apakah semangat Pangeran Diponegoro menyatukan
rakyat yang berbedabeda dapat diterapkan
dalam
kehidupan sehari-hari? Berikan contoh!
3. Sejalan dengan sila berapakah sikap pangeran
Diponegoro tersebut?
4. Apakah kamu menemukan sikap lain yang
mencerminkan sila-sila dalam Pancasila yang bisa
diteladani dari Pangeran Diponegoro?
5. Apakah kamu pernah bekerja sama dengan teman
yang berbeda-beda untuk mencapai tujuan?
Tulis
pengalaman bekerja sama yang pernah kamu
lakukan!
Kerjakanlah pada buku tulismu, kemudian fotokan dan
kirimkan hasilnya kepada bapak/ibu guru!
Sampai di sini pembelajaran hari ini. Ucapkanlah terima
kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi
Ananda belajar di rumah!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar