Kelas : IV (Empat)
Tema : 4. Berbagai Pekerjaan
Subtema : 2. Pekerjaan di Sekitarku
Pembelajaran : 3
Semester : I (Ganjil)
Assalamualaikum ...
Selamat pagi, apa kabar Ayah/Bunda? Semoga
Ayah/Bunda senantiasa dalam keadaan sehat. Pada
hari ini kita masih melakukan kegiatan pembelajaran
dari rumah. Mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk
mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas
pembelajaran di rumah.
Ayah/Bunda jangan lupa untuk mengingatkan ananda
untuk mematuhi protokol kesehatan dalam
melakukan setiap aktivitas dan selalu menjaga
kebersihan di lingkungan rumah agar terhindar dari
penyebaran virus COVID-19 dan wabah demam
Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air
mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai
pembelajaran hari ini. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan
diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini! Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk
mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta
bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan!
Kegiatan 1
Seorang yang bekerja harus memiliki sikap
melayani, disiplin, rendah hati, dan bekerja
sepenuh hati. Kita bisa mempelajari nilai-nilai
tersebut dari seorang dokter yang bekerja untuk
masyarakat.
Berikut ini ada cerita yang berjudul ‘Hebatnya
Dokter Kami’. Mari kita baca melalui tautan
berikut! https://tinyurl.com/yycz3a3p Berdasarkan teks di atas, jawablah pertanyaan
berikut!
1. Apa yang dilakukan Dokter Rana untuk warga
Desa?
2. Mengapa Dokter Rana melakukan itu?
3. Apa dampak dari hal yang dilakukan oleh Dokter
Rana bagi masyarakat?
4. Bagaimana perasaan masyarakat terhadap
Dokter Rana? Tuliskan pada tabel berikut!
5. Hal-hal baik yang bisa aku contoh dari Dokter
Rana.
Kegiatan 2
Ananda, dalam kegiatan sehari-hari terkadang kita
melakukan pembulatan untuk memudahkan proses
penghitungan. Namun perlu diingat, hasil dari
pembulatan bukanlah hasil yang sebenarnya melainkan
hanya berupa perkiraan.
Nah, kali ini kita akan mempelajari tentang pembulatan
hasil pengukuran panjang. Bagaimana cara
melakukannya? Mari kita simak video berikut ini ya!
https://youtu.be/DHrSfbs1Ol4 Bagaimana, mudah bukan? Apabila ada penjalasan yang
kurang Ananda pahami, kamu dapat bertanya kepada
bapak/ibu guru atau ayah/bunda di rumah.
Selanjutnya, mari kita kerjakan soal-soal berikut ini!
1. Ukurlah benda-benda yang ada di sekitarmu
menggunakan penggaris, lakukan pembulatan
terhadap hasil
pengukurannya, kemudian catat pada
tabel berikut ini!
2. Sebuah kunci rumah memiliki panjang 7,7 cm.
Berapa panjang kunci jika dibulatkan ke satuan
terdekat?
3. Sebuah kotak pensil panjangnya 15,4 cm. Berapa
panjang kotak pensil jika dibulatkan ke satuan
terdekat?
Sampai di sini pembelajaran hari ini. Mari kita akhiri dengan membaca doa! Ucapkanlah terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar
Tidak ada komentar:
Posting Komentar