Rabu, 21 Oktober 2020

Tema : 4. Berbagai Pekerjaan

Kelas         : IV (Empat) 
Tema          : 4. Berbagai Pekerjaan 
Subtema       : 2. Pekerjaan di Sekitarku 
Pembelajaran  : 1 
Semester      : I (Ganjil)

Assalamualaikumm ....
Selamat pagi, apa kabar Ayah/Bunda? Semoga Ayah/Bunda senantiasa dalam keadaan sehat. Pada hari ini kita masih melakukan kegiatan pembelajaran dari rumah. Mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah. Ayah/Bunda jangan lupa untuk mengingatkan ananda untuk mematuhi protokol kesehatan dalam melakukan setiap aktivitas dan selalu menjaga kebersihan di lingkungan rumah agar terhindar dari penyebaran virus COVID-19 dan wabah demam berdarah. Terima kasih.
Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran hari ini. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini! Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan!

Kegiatan 1 
Indonesia adalah negara kepulauan yang sebagian besar wilayahnya adalah perairan. Oleh sebab itu, Indonesia dikenal juga sebagai negara maritim. Nah, karena kondisi geografisnya tersebut dan juga kekayaan biota laut yang ada di dalamnya, banyak masyarakat Indonesia di pesisir pantai yang bekerja sebagai nelayan. Meskipun memiliki kekayaan sumber daya alam dari lautnya, namun para nelayan harus tetap memperhatikan kelestariannya ketika menangkap ikan di laut dengan menghindari penggunaan alat dan bahan yang berbahaya untuk lingkungan. Ayo kita cari tahu lebih lanjut tentang nelayan melalui tayangan pada tautan di bawah ini! https://youtu.be/lpv9iMjopBM Selanjutnya, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut! 
1. Apa yang digunakan oleh nelayan tradisional untuk menangkap ikan? 
2. Apa yang digunakan oleh nelayan modern untuk menangkap ikan? 
3. Tulislah persamaan dan perbedaaan dari nelayan modern dan tradisional dalam diagram Venn 
    berikut!  

4. Setujukah kamu dengan penangkapan ikan menggunakan pukat harimau dan bom ikan? Menurutmu 
    apa yang akan terjadi dengan laut jika semua nelayan menggunakannya untuk menangkap ikan di 
    laut? 
5. Bagaimana seharusnya para nelayan mencari ikan supaya kelestarian ekosistem tetap terjaga? 

Kerjakanlah pada buku tulismu, kemudian fotokan 


Kegiatan 2 
Tahukah Ananda bagaimana ikan bisa kita makan? Hasil tangkapan ikan dijual ke pedagang ikan di pelelangan ikan. Dari tempat pelelangan itulah ikan dikirim ke pasar-pasar untuk dijual ke penjual ikan atau langsung ke konsumen. Penjual ikan dan konsumen wajib menjaga kebersihan pangan dengan cara mencuci ikan hingga bersih. 
Amatilah gambar di bawah ini! 
Berdasarkan gambar tersebut, lakukanlah analisis tentang jenis kegiatan ekonomi jenis barang yang diperjualbelikan, jenis pekerjaan yang terlibat pada kegiatan tersebut, dan hasil dari setiap pekerjaan. Tuliskan hasilnya pada buku tulismu, kemudian paparkan kepada bapak/ibu guru dalam bentuk video/voice note! Ucapkanlah terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah! Sampai jumpa 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tema : 9. Kayanya Negeriku

Kelas                  : IV  Tema                  : 9. Kayanya Negeriku  Subtema            : 3. Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di I...