Kelas : IV (Empat)
Tema : 3. Peduli Terhadap Makhluk Hidup
Subtema : 2. Keberagaman Makhluk Hidup di Lingkunganku
Pembelajaran : 6
Semester : I (Ganjil)
Assalamualaikum ....
Selamat pagi, apa kabar Ayah/Bunda? Semoga Ayah/Bunda senantiasa dalam keadaan sehat. Pada
hari ini kita masih melakukan kegiatan pembelajaran dari rumah. Mohon bimbingan Ayah/Bunda
untuk mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah.
Ayah/Bunda jangan lupa untuk mengingatkan ananda untuk mematuhi protokol kesehatan dalam
melakukan setiap aktivitas dan selalu menjaga kebersihan di lingkungan rumah agar terhindar dari
penyebaran virus COVID-19 dan wabah demam berdarah. Terima kasih.
Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu
sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini! Mintalah bantuan kepada
ayah/bunda untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran ya! Jangan lupa ucapkan
tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah
mendapatkan bantuan! Sebelum memulai kegiatan hari ini ayo kita lakukan PSN terlebih dahulu di rumah agar
lingkungan kita menjadi sehat dan terhindar dari penyakit demam berdarah! Laporkan kegiatan PSN-mu kepada
Kegiatan 1
Sebelumnya Ananda telah belajar bagaimana
membuat pertanyaan yang baik untuk wawancara.
Ananda juga telah menyortir pertanyaan, berlatih
melakukan wawancara dengan Ayah/Bunda di
rumah, dan mengetahui sikap dan keterampilan
dalam melakukan wawancara.
Selanjutnya Ananda akan melakukan wawancara
tentang tumbuhan atau hewan. Kamu bisa memilih
salah satu, tumbuhan atau hewan.
Setelah melakukan wawancara, kamu akan menulis
laporan. Sebelum melakukan kegiatan tersebut,
kamu akan belajar tentang cara menulis laporan
berdasarkan hasil wawancara. Berikut ini
contohnya (bagi yang tidak bisa membuka tautan,
bisa lihat di lampiran yaa) https://tinyurl.com/yc25rb4b Amati setiap bagian pada format laporan di atas.
Kamu dapat menanyakan dan mendiskusikan
dengan bapak/ibu guru jika ada hal-hal yang perlu
kamu ketahui lebih lanjut.
Ayo kita lakukan wawancara tentang tumbuhan
atau hewan. Persiapkanlah daftar pertanyaannya!
Ananda dapat mewawancarai Ayah/Bunda sebagai
narasumbernya. Kalau sudah, laporkan hasil
wawancaramu dalam bentuk laporan hasil
wawancara seperti contoh di atas ya! Fotokan dan
kirimkan hasilnya kepada bapak/ibu guru!
Kegiatan 2
Anak-anak, pada pembelajaran sebelumnya kamu telah
mempelajari cara menentukan faktor prima untuk
mencari FPB dan KPK. Dalam kehidupan sehari-hari kita
terkadang menjumpai permasalahan-permasalahan
yang berkaitan dengan FPB dan KPK. Nah, kali ini kita
akan mempelajari cara menentukan FPB dan KPK dalam
bentuk soal cerita. Simak penjelasannya pada video
berikut ini ya! https://youtu.be/RAb_RzUuwmASupaya Ananda semakin memahaminya, sekarang ayo
kerjakan soal-soal berikut ini!
1. Udin dan Edo memelihara kucing di rumahnya. Udin
selalu pergi ke toko hewan untuk membeli makanan
kucingnya setiap 12 hari sekali. Sedangkan Edo selalu
pergi ke toko hewan untuk membeli makanan
kucingnya setiap 15 hari sekali. Jika suatu hari
mereka tidak sengaja bertemu di toko hewan pada
hari Jumat, 2 Oktober 2020, maka pada tanggal
berapa mereka akan bertemu lagi?
2. Pak Budi adalah seorang yang dermawan. Ia akan
membagikan buah-buahan hasil kebunnya kepada
tetangganya. Pak Budi akan membagikan 90 buah
apel dan 72 buah jeruk. Kedua barang tersebut akan
dimasukkan ke dalam kantung plastik dengan jumlah
yang sama. Berapa paling banyak kantung plastik
yang dibutuhkan Pak Budi?
Kerjakanlah pada buku tulismu, kemudian fotokan dan
kirimkan hasilnya kepada bapak/ibu guru!
Ucapkanlah terima kasih kepada Ayah/Bunda yang
telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini.
Mari kita akhiri pembelajaran hari ini dengan membaca
doa!
Sampai jumpa pada pembelajaran berikutnya!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar