Senin, 27 Juli 2020

Tema 1. Indahnya Kebersamaan


Kelas        : IV
Tema        : 1. Indahnya Kebersamaan
Subtema  : 2. Kebersamaan dalam Keberagaman
Semester : I (Ganjil)

Assalamualaikum .....
Selamat pagi, apa kabar Ayah/Bunda? Semoga Ayah/Bunda senantiasa dalam keadaan sehat. Pada hari ini kita masih melakukan kegiatan pembelajaran dari rumah. Mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah. Ayah/Bunda jangan lupa untuk mengingatkan ananda untuk mematuhi protokol kesehatan dalam melakukan setiap aktivitas dan selalu menjaga kebersihan di lingkungan rumah agar terhindar dari penyebaran virus COVID-19 dan wabah demam berdarah. Terima kasih

Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air mengair sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran hari ini. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini! Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan  

Kegiatan 1 
Sebelumnya kita sudah banyak belajar tentang indahnya keberagaman budaya Indonesia. Bagaimana cara menjalin kebersamaan dalam keberagaman tersebut? Mari kita membaca cerita yang berjudul ‘Tong Sampah Gotong Royong’ melalui tautan berikut ini! 


Setelah membaca cerita tersebut, coba Ananda jawab pertanyaan-pertanyaan berikut ini! 
1. Menurutmu, apa yang dimaksud kerja sama? 
2. Mengapa kita perlu melakukan kerja sama dalam hal-hal tertentu? 
3. Apa saja keberagaman yang terdapat pada cerita tersebut? 
4. Bagaimana cara kita supaya bisa bekerja sama dalam keberagaman? 
5. Pernahkah kamu melihat kegiatan bekerja sama warga di daerahmu? 

Apakah mereka juga bekerja sama dalam keberagaman? Ceritakan satu bentuk kerja sama yang dilakukan di tempat tinggalmu! Tuliskan jawabannya pada buku tulismu, fotokan hasilnya kemudian kirimkan melalui GSE! 

Kegiatan 2 
Anak-anak tentu masih ingat pembelajaran tentang pecahan senilai. Untuk menentukan pecahan senilai kita juga dapat melakukannya dengan mengalikan atau membagi pecahan yang ingin kita ketahui pecahan senilainya. Bagaimana caranya? Kita simak penjelasannya melalui video berikut ini yuk! 


Bagaimana Anak-anak? Tentu sudah bisa ya! Bagi yang belum mengerti, dapat bertanya pada Bapak/Ibu Guru. Supaya anak-anak makin memahami, ayo kita latihan melalui tautan di

https://tinyurl.com/y6xg8j9m

 Kamu dapat mengerjakannya langsung dengan mencetaknya terlebih dahulu atau kamu juga dapat menuliskannya pada buku tulismu ya! Kalau sudah selesai fotokan hasilnya dan kirimkan ke Bapak/Ibu Guru! Ucapkan terima kasih kepada Ayah/Bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah. Sampai jumpa pada pembelajaran jarak jauh esok hari! 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tema : 9. Kayanya Negeriku

Kelas                  : IV  Tema                  : 9. Kayanya Negeriku  Subtema            : 3. Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di I...