Kelas : IV
Tema : 9. Kayanya Negeriku
Subtema : 3. Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia
Pembelajaran : 1
Semester : II (Genap)
Assalamu‘alaikum warohmatullahi wabarokatuh,
Selamat pagi, apa kabar Ayah/Bunda? Semoga kita semua selalu dalam keadaan sehat. Masih dalam suasana lebaran,
mohon maaf lahir bathin ya Ayah/Bunda, semoga kita semua kembali fitri dan menjadi pribadi yang lebih baik, Aamiin.
Mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk terus mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah.
Ayah/Bunda yang hebat-hebat tetap semangat mendampingi putra putrinya di rumah, kita sama-sama berjuang untuk
dapat memberikan pendidikan yang menyenangkan bagi anak-anak kita tercinta.
Ayah/Bunda jangan lupa untuk mengingatkan ananda untuk mematuhi protokol kesehatan dalam melakukan setiap
aktivitas di bulan Ramadhan ini dan selalu menjaga kebersihan di lingkungan rumah agar terhindar dari penyebaran
virus COVID-19 dan wabah demam berdarah. Terima kasih.
Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air
mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai
pembelajaran hari ini. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan
kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini! Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk
mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan,
ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan!
Kegiatan 1
Ananda, bangsa kita memiliki kekayaan dalam
bentuk keragaman sumber daya. Kesemuanya itu
harus dilestarikan agar kehidupan masyarakat
Indonesia tetap bisa berjalan baik dan seimbang
serta selaras dengan lingkungan.
Manusia memanfaatkan berbagai bagian dari
lingkungan sekitar untuk memenuhi kebutuhannya,
termasuk hewan dan tumbuhan. Namun sungguh
disayangkan, banyak dari kita yang melakukan
tindakan-tindakan tidak bertanggung jawab dalam
memanfaatkan sumber daya alam. Mereka justru
merusaknya. Apa saja kegiatan manusia yang dapat
mengganggu ekosistem? Bagaimana cara
memanfaatkan sumber daya alam dengan baik?
Untuk mengetahuinya lebih lanjut, mar kita simak
tayangan berikut ini!
https://youtu.be/b4DDm54n1HY
Kamu telah menyimak tayangan tentang “Dampak
Perubahan Lingkungan yang Disebabkan oleh
Manusia terhadap Keseimbangan Ekosistem”.
Selanjutnya, lengkapilah peta pikiran berikut!
Bagaimana dengan lingkungan tempat tinggalmu?
Adakah perilaku orang-orang di sekitarmu yang
dapat mengganggu ketersediaan sumber daya alam
atau keseimbangan ekosistem? Jelaskan!
Kerjakanlah pada buku tulismu, kemudian fotokan
dan kirimkan hasilnya kepada bapak/ibu guru!
Kegiatan 2
Hewan dan tumbuhan merupakan kekayaan alam yang
patut kita jaga kelestariannya. Kita boleh saja
memanfaatkannya untuk memenuhi kebutuhan, namun
kita harus menggunakannya secara bijak ya!
Ananda, apakah kamu suka berwisata melihat hewanhewan di kebun binatang? Nah, berikut ini adalah data
tentang jumlah hewan yang dilindungi di “Kebun
Binatang Aneka Satwa”
Berdasarkan tabel di atas, kerjakanlah soal-soal berikut!
1. Berapa banyak burung kasuari yang terdapat pada
Kebun Binatang Aneka Satwa?
2. Berapa jumlah keseluruhan hewan yang dilindungi di
Kebun Binatang Aneka Satwa?
3. Apa hewan yang paling sedikit terdapat di Kebun
Binatang tersebut?
4. Berapa selisih jumlah Harimau Sumatera dengan
Orang Utan?
5. Buatlah diagram batang berdasarkan tabel di atas!
Kerjakanlah pada buku tulismu, kemudian fotokan dan
kirimkan hasilnya kepada bapak/ibu guru!
Sampai di sini pembelajaran kita hari ini. Mari kita akhiri
pembelajran hari ini dengan membaca doa setelah
belajar! Ucapkanlah terima kasih kepada ayah/bunda
yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah.
Sampai jumpa besok!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar